Cara Bikin Iklan Facebook Fb Ads Khusus Newbie

Tahapan #1 – Create an Ad

Saat Anda masuk di akun Facebook Anda, di bagian kanan atas layar browser Anda. Anda akan menemukan tombol berwarna hijau yang menunjukkan “Create An Ad” (Buat Iklan). Klik tombol tersebut untuk membuat iklan Facebook pertama anda

Jika anda tak melihat tombol tersebut, silakan klik tombol “gear” di bagian kanan atas layar anda, kemudian klik “Create Ads” atau “Buat Iklan” atau yang senada dengan itu.


Tahapan #2 – Pilih yang Anda Ingin Iklankan

Dalam hal ini, anda memiliki banyak pilihan. Anda bisa mempromosikan URL apapun (entah untuk halaman yang berada dalam Facebook atau yang diluar Facebook), contoh Facebook pages, Facebook application, Facebook event, Facebook place, atau URL eksternal seperti misal situs milik anda atau link affiliasi.

Anda bisa menggiring pengguna Facebook kepada eksternal URL berisi sales letter atau opt in form misalnya, atau Anda juga bisa mempromosikan fanpage Anda guna mendapatkan banyak “like” — guna mendapatkan lebih banyak fans di fanpage Anda dengan lebih cepat.


Tahapan #3 – Set Up Iklan Anda

Untuk iklan di Facebook, Anda biasanya diminta untuk menuliskan beberapa sales copy pendek dan juga melakukan konfirmasi URL.

Preview iklan akan ditampilkan di sisi kanan secara live, jadi Anda bisa melihat bagaimana iklan anda nanti ditampilkan langsung saat anda meng-edit-nya. Untuk iklan tertentu, misalnya iklan untuk mendapatkan like untuk fanpage Anda, biasanya Anda tidak perlu menuliskan sales copy tambahan.

Sales copy yang saya maksud merupakan teks yang anda masukkan yang bertujuan untuk membuat calon pelanggan anda mng-klik iklan anda.

Tiga elemen dalam iklan ini, headline, text, dan image. Headline dan image bertujuan untuk menarik perhatian dan menimbulkan rasa penasaran.

Sementara text anda harus berisi sales copy yang anda buat sedemikian rupa agar orang ingin untuk meng-klik iklan anda guna memuaskan rasa penasaran mereka. Pastikan anda sertakan call to action dalam bagian ini.


Tahapan #4 – Target Berdasarkan Geografi

Pilihlah negara, wilayah-wilayah, atau kota-kota tertentu dimana anda ingin iklan anda untuk ditampilkan.

Perhatikanlah kotak yang memuat beberapa kota lain dengan jarak sekitar 10, 25, atau 50 mil dari tempat yang Anda pilih, jika misal Anda ingin target tambahan.

Anda bisa buat iklan anda amat tertarget dengan opsi ini karena kemampuan iklan Facebook yang memungkinkan anda men-target tempat seperti negara, provinsi, kota, dan bahkan kode pos. Untuk permulaan, Anda bisa mencoba untuk mengketik kota yang anda targetkan seperti yang saya lakukan di bawah ini dengan mengetikkan kota “Boston”.


Tahapan #5 – Target Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin

Pilih grup dari jenis kelamin mana dan grup umur berapa yang anda ingin tampilkan iklan Anda. Anda bisa centang box di bagian kanan, guna memberi kebebasan pada Facebook untuk menampilkan iklan anda ke orang yang sedikit di luar grup jenis kelamin dan grup umur yang anda tentukan.

Jika anda sudah memiliki data pasti dan spesifik dari grup umur dan grup jenis kelamin tertentu yang ingin anda target, pastikan Anda tidak mencentang kotak di bagian kanan ini.


Tahapan #6 – Target Berdasarkan Kategori dan Precise Interest

Pada tahap ini, Anda bisa targetkan iklan Anda pada pengguna Facebook berdasarkan hobi, status, minat, latar belakang budaya, dan lain sebagainya. Super sakti, bukan?

Pilihan-pilihan tersebut meliputi broad categories (kategori luas) dan precise interest (minat tertentu), yang beberapa bisa Anda lihat di bawah ini. Anda bisa target se-spesifik mungkin menggunakan opsi ini.

Ingin men-target perempuan yang sudah menikah dan suka memasak? Anda bisa gunakan fitur ini untuk mempersempit target iklan anda dan mendapatkan iklan yang lebih responsif.


Tahapan #7 – Lebih Lanjut Tentang Precise Interest

Jika minat tertentu yang Anda target karena suatu alasan tidak ada di opsi broad categories di atas dan tidak ada di opsi precise interest di atas, maka anda bisa memilih opsi ini.

Ketikkan kata kunci yang relevan dengan hal yang kira-kira menjadi kesukaan target iklan anda, dan Facebook akan secara langsung menunjukkan beberapa pilihan kepada Anda.

Contoh, saya ketik kata “marketing” di bawah ini dan hasilnya secara langsung akan muncul sama persis sesuai dengan kata kunci yang saya ketikkan sekaligus kata kunci relevan lainnya yang mungkin saya juga ingin target.

Anda bisa lebih ‘precise’ lagi dengan fungsi ini, seperti misalnya men-target orang yang menyukai fanpage tertentu. Super powerful!


Tahapan #8 – Lebih Lanjut Tentang Broad Categories

Facebook menyediakan banyak sekali pilihan pada broad categories.

Jika Anda melihat kategori di sini yang cocok dengan target pasar yang Anda targetkan, Anda bisa centang kotak kecil di sebelahnya dan iklan Anda akan secara otomatis dimasukkan dalam segmen pilihan anda tersebut.

Dian Comting

Praktisi dan Konsultan Digital Marketing