Saat mendirikan bisnis sendiri, adalah hal yang sangat penting untuk membuat rencana bisnis untuk menunjang pertumbuhan jangka panjang dan kesuksesan bisnis Anda.

Membuat rencana/plan bisnis membantu Anda mengidentifikasi langkah-langkah dan fokus bisnis Anda. Dalam rencana bisnis, Anda dapat meramalkan seberapa sukses bisnis Anda.

Tentu saja, Anda dapat meminta seorang ahli untuk membuat rencana bisnis untuk Anda. Tapi, jika yang Anda butuhkan adalah sebuah rencana bisnis sederhana, Anda dapat melakukannya sendiri.

Untuk pedoman dan petunjuk tentang cara membuat rencana bisnis sederhana, simak beberapa hal yang dipaparkan pakar usaha kecil, Ursula Roberts.

1. Membuat cover letter. Anda dapat memulai dengan membuat cover letter untuk bisnis Anda. Pastikan berisi nama bisnis Anda, alamat, rincian kontak seperti nomor kantor, alamat email, dan nomor ponsel, serta tanggal. Ingatlah bahwa tanggal harus direvisi setiap kali rencana bisnis diperbarui.

2. Membuat rencana pemasaran. Hal ini akan menentukan strategi pemasaran yang Anda terapkan. Rencana pemasaran juga harus mengidentifikasi target pasar bisnis Anda serta pesaing-pesaing Anda.

3. Menulis rencana pengelolaan bisnis Anda. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyoroti pengalaman bisnis untuk mengetahui keterampilan dan kekuatan Anda. Masukan secara rinci bagaimana Anda berencana mengelola bisnis dan karyawan Anda. Jika ada celah atau kelemahan dalam rencana Anda, pastikan alternatif dan solusi telah Anda siapkan sebagai antisipasi.

4. Rencanakan pengelolaan keuangan. Mulailah dengan mengidentifikasi anggaran bisnis awal serta rincian biaya operasional. Pastikan bahwa anggaran Anda realistis. Rencana pengelolaan keuangan juga harus mencakup tujuan keuangan bisnis Anda, persyaratan pembayaran dari klien, dan sistem akuntansi yang akan digunakan.

5. Tuliskan ringkasan misi bisnis Anda. Hal ini meliputi tanggal bisnis dibuka, nama, dan daftar produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda juga harus menyertakan keterangan untuk bisnis, rincian badan usaha, izin dan lisensi yang harus diperoleh dalam rangka beroperasi secara legal.

6. Review. Setelah Anda selesai, tinjau dan koreksi rencana bisnis yang telah Anda buat. Pastikan rencana bisnis Anda terlihat formal dan bebas dari kesalahan.

Jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki keterampilan membuat rencana bisnis, akan lebih baik jika Anda melakukannya sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin tentang ketrampilan Anda, Anda dapat menyewa seseorang untuk membuat rencana bisnis. Pastikan bahwa Anda melibatkan diri dalam proses penulisan untuk memberikan informasi dan masukan.